Pengolahan Air (water Treatment) untuk perusahaan dan PDAM

Pengolahan Air (water Treatment) untuk perusahaan dan PDAM

Air bersih sebagai kebutuhan primer manusia maupun air proses untuk perusahaan semakin sulit diperoleh. Permasalahannya antara lain rendahnya kualitas air baku. Disamping itu, dengan adanya keterbatasan kuantitas air baku, maka mulai diperlukan adanya teknologi yang mendukung proses daur ulang air yang berasal dari air buangan proses perusahaan maupun domestik.

Pengolahan air secara terpadu sangat penting untuk menghindari biaya yang tinggi, baik biaya yang ditanggung perusahaan maupun yang diupayakan oleh PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) yang berorientasi bisnis dan sosial. Pemilihan sumber air dan teknologi pengolahan yang tepat, ekonomis, dan dapat memenuhi baku mutu. Di perusahaan dan PDAM biaya yang terkait dengan pengolahan air antara lain biaya pembelian air baku, proses pengolahan air bersih dan pengolahan air limbah, serta distribusinya. Selain itu, juga diperlukan biaya untuk bahan kimia, perawatan berkala, dan kebutuhan energi. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman mengenai pemilihan metode pengolahan dan optimalisasi pengolahan agar biaya yang ditimbulkan efektif dan efisien.

Secara umum pengolahan air dimulai intake kemudian ke unit pengolahan, distribusi dan selanjutnya digunakan untuk proses dalam perusahaan maupun untuk keperluan masyarakat luas. Untuk penggunaan proses di perusahaan seperti demin water, cooling tower, pencucian, pembilasan, dan lain-lain, diperlukan pengolahan lanjutan (advanced treatment).

Untuk mendapatkan kuantitas dan kualitas air yang diinginkan sampai ke operasi pengolahan dan perawatan sistem diperlukan keahlian yang tepat dan sesuai dengan pekerjaan yang ditanganinya. Hal ini perlu dipahami secara benar oleh para direktur, manager, supervisor dan operator mulai dari pengenalan karakteristik air hingga teknologi pengolahan air. Pelatihan ini juga sangat penting diikuti oleh bagian utilitas dan lingkungan di perusahaan serta oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten dan Kota.

Setiap PIC yang ditunjuk harus memenuhi kompetensi sebagai berikut:

  • Memahami karakteristik kebutuhan air baik kualitas maupun kuantitas
  • Mengerti prinsip-prinsip pengolahan air dan metode pengolahan yang dapat diterapkan
  • Mampu melakukan operasi, proses dan pemeliharaan sistem pengolahan air
  • Mampu mengkaji kemungkinan untuk melakukan daur ulang air

Untuk info lebih lanjut hubungi :
  • Eni, Mobile: 081310138048
  • http://www.pelatihanlingkungan.com
  • email: eniendriyeni@benefita.com
  • Comments
  • About post
Leave a Reply

posted on December 16, 2013
in Berita, Blog
about author Proper
All posts by this author

2013 © Training Proper PT.Benefita Indonesia