Menuju PROPER Hijau dan Emas: Beyond Compliance

Menuju PROPER Hijau dan Emas: Beyond Compliance

PROPER adalah progam Kementerian Lingkungan Hidup yang dijalankan secara konsisten dengan menilai perusahaan-perusahaan setiap tahun. Prinsip dasar dari penilaian PROPER adalah mendorong penataan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan melalui instrumen insentif (hijau dan emas), penaatan (biru) dan disinsentif (merah dan hitam).

Hasil pemeringkatan PROPER setiap tahun ditunggu oleh banyak stakeholder baik yang terkait langsung dengan perusahaan (pelanggan, pemegang saham, investor, kontraktor, pesaing, dll) maupun yang tidak langsung (masyarakat, LSM, pemerintah, dll), sehingga dapat mempengaruhi jalannya perusahaan berikutnya. Penilaian beyond compliance (hijau dan emas) akan memberikan banyak keuntungan dan kenyamanan bagi Perusahaan dalam menjalankan perusahaan.

Hasil penilaian beyond compliance (hijau dan emas) akan memperkecil risiko Perusahaan untuk jatuh mendapatkan penilaian merah atau hitam pada periode penilaian PROPER berikutnya, karena Perusahaan telah memulai dengan standar yang tinggi. Bila penilaian masih biru maka risiko untuk mendapatkan disinsentif (merah dan hitam) pada penilaian berikutnya cukup besar, dan hal ini sudah banyak terjadi di perusahaan-perusahaan.

Berbeda dengan PROPER biru yang fokus penilaiannya pada end of pipe dan pemenuhan regulasi, PROPER beyond compliance lebih pada fokus pada up the pipe yang berorientasi pada efisiensi, keunggulan daya saing, sistem manajemen lingkungan yang teraplikasi dan corporate social responsibility yang signifikan dari Perusahaan.

Pendekatan PROPER biru bersifat parsial pada aspek lingkungan, sementara PROPER beyond compliance bersifat komprehensif yang melibatkan kegiatan dari hulu sampai ke hilir di Perusahaan, sehingga dituntut keterlibatan seluruh bagian di Perusahaan untuk keberhasilannya.

Setiap PIC yang ditunjuk harus memenuhi kompetensi sebagai berikut:

  • Peserta pelatihan mampu memahami pentingnya PROPER beyond compliance  bagi Perusahaan dan memahami mekanisme penilaian PROPER beyond compliance.
  • Peserta pelatihan mampu menyusun rencana dan menerapkan persyaratan PROPER beyond compliance secara komprehensif dan lintas fungsi di Perusahaan.
  • Perserta pelatihan mampu mengumpulkan data, melakukan benchmarking dan membuat laporan PROPER beyond compliance.

Untuk info lebih lanjut hubungi :
  • Eni, mobile: 081310138048
  • http://www.pelatihanlingkungan.com
  • email: eniendriyeni@benefita.com
  • Comments
  • About post
Leave a Reply

posted on December 16, 2013
in Berita, Training
about author Proper
All posts by this author

2013 © Training Proper PT.Benefita Indonesia