Sembilan Cara Menghemat Air yang Bisa Dilakukan di Rumah

Sembilan Cara Menghemat Air yang Bisa Dilakukan di Rumah

Air itu berharga. Seiring bertambahnya populasi dunia dan langkanya sumber daya air, berbagai upaya penghematan yang dilakukan setiap orang menjadi sangat penting. Dalam menyambut Hari Air Sedunia tahun ini yang jatuh setiap tanggal 22 Maret, Kami ingin membagi beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menciptakan gaya hidup yang lebih hijau.

  1. Tess, tess, tess…

    Kalau Anda mau melacak apa biang kerok dibalik tingginya tagihan air di rumah, tempat terbaik untuk mulai adalah memeriksa apakah ada kebocoran. Ford menggelar program identifikasi kebocoran air serta penilaian di pusat pabrikannya di seluruh dunia untuk mengontrol kerugian akibat kebocoran air. Jadi perbaiki pipa-pipa yang bocor di rumah dan Anda akan langsung bisa menghemat tagihan air bulanan.

    Mencegah Kebocoran
  2. Penghematan Sederhana

    Kadang kita mudah sekali mengabaikan cara-cara sederhana untuk menghemat air. Kalau Anda punya anak, cobalah tempel gambar-gambar menarik di sekitar rumah untuk mendorongnya belajar mengenai pentingnya penghematan air. Sebarkan pesan ke masyarakat sekitar dan juga ke organisasi di mana Anda menjadi anggotanya.

    Penghematan Sederhana
  3. Matikan Air Saat Tidak di tempat

    Apakah Anda punya kebiasaan mematikan sumber air ketika bepergian baik untuk urusan bisnis maupun liburan? Cara itu bisa sangat mengurangi terjadinya kebocoran air saat Anda tidak di rumah. Di Ford, kami mematikan air di daerah-daerah yang tidak digunakan atau saat pabrik tutup. Ini termasuk daerah-daerah seperti tempat pencucian mobil dan zona uji kebocoran.

    Matikan Air Saat tidak di tempat
  4. Jangan Boros

    Menggunakan kembali air adalah cara yang efektif untuk memangkas tagihan dan mengurangi konsumsi air. Kegiatan-kegiatan sederhana seperti menampung air yang digunakan untuk membilas sayuran atau buah-buahan dan menggunakannya untuk menyiram tanaman akan banyak berpengaruh pada konsumsi air. Di Ford kami mendaur ulang air limbah yang sudah diolah untuk berbagai tujuan termasuk pengairan, membersihkan lantai, penggunaan air di bengkel dan sebagainya.

    Jangan Boros
  5. Berkebun Untuk Masa Depan

    Memastikan halaman rumah tetap hijau dan subur kadangkala bisa sangat menguras air. Karena itu perlu dipikirkan kembali teknik berkebun Anda. Dalam beberapa tahun terakhir ini Ford telah mengambil berbagai langkah untuk mengurangi perlunya penyiraman dengan menggunakan tanaman setempat yang tahan kekeringan serta menggunakan teknik bertaman yang memerlukan lebih sedikit air atau malah tidak perlu air sama sekali.

    Berkebun Untuk Masa Depan
  6. Simpan Selang Anda

    Alih-alih mencuci mobil dengan selang air, cobalah gunakan seember air sabun sebelum dibilas dengan menggunakan alat penyemprot yang bisa mengurangi pemborosan air. Saat mencuci lantai atau bagian luar rumah lainnya, sebisa mungkin hindari penggunaan selang.

    Simpan Selang Anda
  7. Beli Alat yang Efisien

    Banyak produsen yang menawarkan alat pencuci piring dan kulkas atau lemari es yang lebih efisien dalam konsumsi air dan energi. Bisa jadi investasi awalnya akan lebih mahal namun penghematan air dan tagihan listrik membuat alat-alat itu menguntungkan untuk jangka panjang, baik untuk keperluan rumah maupun di pabrik.

    Beli Alat yang Efisien
  8. Kurangi Menyiram

    Usahakan tidak menyiram kapas atau tissue make-up di toilet. Cukup buang saja di tempat sampah dan itu sudah akan membantu mengurangi pemborosan air.

    Kurangi Menyiram
  9. Mencuci Dengan Bijak

    Di kantin-kantin karyawan Ford di seluruh dunia, para pegawai bagian dapur mengoperasikan mesin pencuci piring hanya saat mesin itu sudah penuh. Cara ini bisa ditiru di rumah, baik saat menggunakan mesin pencuci piring atau mesin pencuci baju. Jalankan mesin-mesin itu hanya saat benar-benar penuh. Ini adalah penghematan kecil yang akan berdampak besar secara keseluruhan.

    Mencuci dengan Bijak
Benchmark from Ford Indonesia
  • Comments
  • About post
Leave a Reply

posted on May 6, 2015
in Berita
about author Proper
All posts by this author

2013 © Training Proper PT.Benefita Indonesia