Status lingkungan Hidup dan Sustainable Reporting

Status lingkungan Hidup dan Sustainable Reporting

Dalam dekade terakhir tak jarang media informasi memaparkan sejumlah kasus lingkungan hidup dan konflik social-ekonomi yang melibatkan perusahaan dan para pemangku kepentingan (stakeholder) di sekitarnya. Beberapa penyebabnya adalah perusahaan yang enggan menyampaikan informasi tentang pengelolaan ekonomi, lingkungan hidup dan social. Secara terbuka.

Hal ini lah yang membuat pembuat kebijakan, LSM, dan beberapa organisasi dunia menggagas perlunya keterbukaan informasi perusahaan terkait upaya dan hasil pengelolaan ekonomi, hubungan dengan stakeholder lingkungan hidup. Transparansi informasi akan memperkecil dugaan negatif dan ‘memaksa’ perusahaan selalu melakukan yang terbaik.

Di sisi lain muncul gagasan keadilan antar generasi yang selanjutnya menghasilkan konsep keberlanjutan di sektor sosial, ekonomi, pembangungan, dan lingkungan. Selanjutnya Perpaduan gagasan transparansi informasi dan keberlanjutan menjadi Pelaporan Berkelanjutan (Sustainable Reporting).

Telah terbentuk lembaga dunia yang bernama Global Report Initiative (GRI). GRI merupakan organisasi non-profit yang berorientasi pada ekonomi global berkelanjutan dengan mengeluarakan panduan Sustainable Report. GRI telah mengeluarkan kerangka standar pelaporan yang berlaku di seluruh dunia. Format pelaoran yang dikeluarkan oleh GRI relevan dengan pemenuhan standar manajemen CSR maupun manajemen lingkungan.

Indonesia telah mengembangkan program ISRA (Indonesia Sustainable Report Award). Beberapa perusahaan telah mendapatkan predikat Sustainable Report terbaik di bidangnya masing-masing. Sustanable Report tidak sekedar menunjukkan peran perusahaan dalam mendukung keberlanjutan ekonomo-sosial-lingkungan. Manfaat lainnya adalah kinerja perusahaan secara keseluruhan dapat terpanatu dan terukur, sehingga dapat dijadikan acuan pengembangan usaha yang berkelanjutan.

Setiap PIC yang ditunjuk harus memenuhi kompetensi sebagai berikut:

  • Perencanaan proses pembuatan Sustainable Reporting
  • Mengelola kepentingan dan pelibatan stakeholder dalam penyusunan Sustainable Reporting
  • Pemahaman format standar Sustainable Reporting

Untuk info lebih lanjut hubungi :
  • Eni, Mobile: 081310138048
  • http://www.pelatihanlingkungan.com
  • email: eniendriyeni@benefita.com
  • Comments
  • About post
Leave a Reply

posted on December 16, 2013
in Berita, Blog
about author Proper
All posts by this author

2013 © Training Proper PT.Benefita Indonesia