Training of Trainer (TOT) untuk Kompetensi Trainer Profesional

Training of Trainer (ToT) bertujuan untuk menjadikan seseorang siap menjadi Trainer (Pengajar) baik secara teknis maupun non non teknis. Pendekatan yang tepat dalam ToT dilakukan melalui experiencetial learning, dimana peserta training mengalami pengalaman sebagai Trainer secara langsung selama pelatihan, dan mendapatkan feedback dari peserta dan evaluasi dari Fasilitator Trainer.

Siklus training –baik inhouse maupun outhouse- dimulai dari pemahaman utuh dari sebuah Judul (Konsep) Training yang diaktualisasikan dengan sebuah silabus, identifikasi bahan training dan kompetensi trainer, pembuatan modul, persiapan trainer, icebreaking, pelaksanaan dan evaluasi training. Trainer memegang peranan kunci untuk keberhasilan pencapaian tujuan training, sehingga seorang trainer harus mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh. Disamping itu seorang trainer secara terus-menerus mengembangkan kompetensinya baik teknis maupun non-teknis.

Bagi perusahaan dan institusi memiliki Trainer (Pengajar, Guru, Widyaiswara,dll) yang kompeten dan handal akan dapat mengembangkan program ‘Inhouse Training’ untuk pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM) secara internal. Demikian juga untuk seseorang yang ingin mengembangkan diri sebagai seorang Trainer.

Sesungguhnya kompetensi perusahaan dan institusi tersimpan pada sumber daya manusia internal terutama pada level menengah, yaitu: Supervisor, Superintendent, Manager dan General Manager. Merekalah yang diharapkan menjadi peserta pelatihan ToT ini sehingga mampu menularkan (sharing) dan mengembangkan keunggulan (excellence) didalam perusahaan/institusi melalui program training secara inhouse maupun outhouse.

Setiap PIC yang ditunjuk harus memenuhi kompetensi sebagai berikut:

  • Peserta pelatihan memahami standar sistem manajemen ISO/IEC 17025:2005
  • Peserta pelatihan mampu mengidentifikasi kebutuhan perusahaan untuk memenuhi persyaratan manajemen dan teknis sesuai dengan ISO/IEC 17025:2005
  • Peserta pelatihan mampu melaksanakan standar ISO/IEC 17025:2005 di perusahaan

Untuk info lebih lanjut hubungi :
  • Eni, Mobile: 081310138048
  • http://www.pelatihanlingkungan.com
  • email: eniendriyeni@benefita.com
  • Comments
  • About post
Leave a Reply

posted on May 7, 2014
in Berita, Blog
about author Proper
All posts by this author

2013 © Training Proper PT.Benefita Indonesia